Kamis, 22 Oktober 2015

LEADERSHIP SKILL 2


UJI KOMPETENSI LEADERSHIP ( Untuk manager )
Dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )
Disadur oleh : YUDASRIL


I.KOMPETENSI UMUM
Adalah : Kompetensi dasar yang sudah harus dimiliki setiap Manager
               sebelum menjadi manager               
1.Memantau Kegiatan Kerja ( kompetensi supervisor )
2.Menerapkan Proses Kesehatan,Keamanan dan Keselamatan Kerja
3.Daftar personil staf. ( kompetensi supervisor )
4.Memimpin dan mengelola SDM ( kompetensi supervisor )


II.KOMPETENSI INTI
1.Mengembangkan,Melaksanakan dan Mengevaluasi rencana  operasional.
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses perencanaan  
      ditempat kerja.
2.Membangun dan Memelihara tempat Kerja yang aman.
   - Managemen K3 diperusahaan Pariwisata dan perhotelan
3.Mengembangkan dan memutahirkan pengetahuan tentang hukum untuk keperluan bisnis.
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memastikan pemenuhan aktivitas
       bisnis dengan undang undang yang mempengaruhi aktivitas pariwisata dan perhotelan.
4.Memantau kinerja staf
   - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memonitor kinerja staf,
      menilai kinerja dan memberi nasehat.
5.Merekrut,menyeleksi dan memberikan pengenalan staf
   - keteramppilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk merekrut dan memilih staf 
     dalam rangka rencana kerja SDM secara keseluruhan.
6.Mengelola keaneka ragama ditempat kerja.
   - keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyediakan kepemimpinan ditempat
     kerja dimana staf dan pelanggan yang bergam yang berasal dari latar belakang yang berbeda.
 7.Mengelola hubungan ditempat kerja.
   - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani hubungan ditempat kerja  
     dari sudut pandang hubungan industrial
8.Memberikan bimbingan pada rekan.
   - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bertindak sebagai penasehat bisnis
     untuk orang lain dalam industri.
9.Menangani kualitas layanan terhadap pelanggan.
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menagani mutu layanan terhadap
       pelanggan
10.Mengembangkan,mengelola dan mengevaluasi starategi pemasaran.
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani dan mengembangkan
      straregi pemasaran dalam kontek pariwisata dan pemasaran.
11.Mengelola keuangan sesuai anggaran
     - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bertanggung jawab atas managemen
        anggaran
12.Mempersiapkan dan memantau anggaran
     - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyusun dan memonitor anggaran
13.Mengatur operasi keuangan
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani operasi kuangan sehari hari
14.Mengelola aset fisik
     - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani aset fisik perusahaan.
15.Mengelola dan mengadakan persediaan
     - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat sistem pembelian barang
16.Memantau dan memelihara sistem komputer
    - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memonitor dan menjaga sistem
       Komputer ditempat kerja
17.Mengembangkan,melaksanakan dan memantau rencana bisnis
     - Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk perencanaan dan managemen 
       strategis



                                                                KOMPETENSI UMUM

2.MENERAPKAN PROSES KESEHATAN,KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
   A.Menyediakan informasi tentang K3
   B.Koordinasi,partisipasi staf dalam masalah K3
   C.Melaksanakan dan memonitor prosedur untuk mengontrol bahaya dan resiko
   D.Melaksanakan dan memonitor pelatihan K3
   E.Menjaga catatan K3


                                                                KOMPETENSI INTI

1.MENGEMBANGKAN,MELAKSANAKAN DAN MENGEVALUASI RENANA 
   OPERASIONAL
   A.Mengembangkan rencana operasional
   B.Mengatur dan memonitor rencana operasional.
   C.Melaksanakan evaluasi terus menerus

2.MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
   A.Membina dan menjaga rangka kerja K3
   B.Membina dan menjaga pengaturan partisipasi
   C.Membina dan menjaga prosedur untuk identifikasi dan menilai bahaya dan resiko.
   D.Membina dan menjaga prosedur untuk kontrol bahaya dan resiko
   E.Membina dan menjaga prosedur organisasional untuk menangani
       perayaan perayaan berbahaya
    F.Membina dan menjaga program pelatihan K3 yang berhubungan dengan pekerjaan
    G.Membina dan menjaga sistem untuk catatan K3 yang berhubungan dengan pekerjaan.
    H.Mengevaluasi sistem sistem K3 yang berhubungan dengan pekerjaan

3.MENGEMBANGKAN DAN MEMUTAHIRKAN PENGETAHUAN TENTANG HUKUM 
   UNTUK KEPERLUAN BISNIS
    A.Riset informasi hukum yang dibutuhkan untuk pemenuhan aktivitas bisnis
    B.Memastikan pemenuhan dengan peraturan hukum
    C.Menyesuaikan / meningkatkan pengetahuan hukum

 4.MEMANTAU KINERJA STAF
    A.Memberikan umpan balik kinerja kepada staf
    B.Pengakuan dan pemecahan masalah
    C.Melaksanakan sistem penilaian kinerja

5.MEREKRUT,MENYELEKSI DAN MEMBERIKAN PENGENALAN STAF
   A.Mengidentifikasi kebutuhan perekrutan
   B.Melaksanakan perekrutan
   C.Menyeleksi staf
   D.Merencanakan dan mengelola program pelantikan / induksi

6.MENGELOLA KEANEKARAGAMAN DITEMPAT KERJA
    A.Mendukung rasa hormat untuk keragaman / perbedaan ditempat kerja
    B.Menggunakan keragaman / perbedaan sebagai sebuah aset
    C.Menagani masalah yang timbul dari masalah keragaman

7.MENGELOLA HUBUNGAN DITEMPAT KERJA
   A.Membangun suasana hubungan industrial yang positif
   B.Membangun dan mewujudkan prosedur formal industri

8.MEMBERIKAN BIMBINGAN PADA REKAN
   A.Membina hubungan dengan yang dinasehati ( mentoree )
   B.Menawarkan dukungan pemmberian nasehat ( mentoring )

9.MENANGANI KUALITAS LAYANAN PELANGGAN
    A.Mengembangkan dan melaksanakan pendekatan untuk meningkatkan
        kualitas layanan pelanggan
    B.Memonitor dan menyesuaikan layanan pelanggan

10.MENGEMBANGKAN,MENGELOLA DAN MENGEVALUASI STARATEGI PEMASARAN
      A.Menganalisa pasar
      B.Menyiapkan strategi pemasaran
      C.Melaksanakan dan memonitor aktivitas pemasaran
      D.Melaksanakan evaluasi secara konsisten

11.MENGELOLA KEUANGAN SESUAI DENGAN ANGGARAN
      A.Mengalokasikan sumber sumber aggaran
      B.Memonitor aktivitas keuangan terhadap anggaran
      C.Mengidentivikasi dan mengevaluasi pilihan pilihan untuk meningkatkan kinerja anggaran
      D.Melengkapi laporan keuangan / statistik

12.MEMPERSIAPKAN DAN MEMANTAU ANGGARAN
      A.Menyusun informasi anggaran
      B.Menyusun aggaran
      C.Memonitor dan meninjau anggaran

13.MENGATUR OPERASIONAL KEUANGAN
      A.Mengembangkan pendekatan terhadap managemen keuangan
      B.Mengembangkan dan memonitor prosedur dan sistem keuangan
      C.Menyusun dan memonitor keuangan
      D.Membuat keputusan penentuan harga
      E.Memonitor kinerja keuangan
      F.Perkiran kebutuhan keuangan tentang proyek proyek tertentu
      G.Menyusun proposal keuangan untuk proyek proyek tertentu
      H.Menyusun laporan laporan keuangan

14.MENGELOLA ASET FISIK
      A.Mengembangkan strategi untuk perawatan sistematis,perbaikan dan pembelian aset fisik
      B.Memonitor kinerja aset fisik ditempat kerja
      C.Mengkoordinir keuangan aset fisik

15.MENGELOLA DAN MENGADAKAN PERSEDIAAN
      A.Membangun dan melaksanakn proses persediaan dan pesanan
      B.Membangun dan melaksanakan sistem kontrol persediaan
      C.Mengembangkan peraturan persediaan yang optimal

16.MEMANTAU DAN MEMELIHARA SISTEM KOMPUTER
      A.Memonitor keefektifan perlengkapan komputer
      B.Membeli hardware dan software
      C.Menjaga perlengkapan komputer dan sistem

17.MENGEMBANGKAN,MELAKSANAKAN DAN MEMANTAU RENCANA BISNIS
      A.Menyusun rencana bisnis
      B.Melaksanakan rencana bisnis
      C.Memonitor rencana bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar