Jumat, 24 April 2015

SUPERVISOR SKILL 5



                                 UJI KOMPETENSI SUPERVISOR 2

                                         DAFTAR RENUNGAN 
                          TANYAKAN PADA DIRI ANDA SENDIRI

BEKERJA SAMA DENGAN REKAN & PELANGGAN
KOMPETENSI UMUM
A.BERKOMUNIKASI DITEMPAT KERJA
1.Mampukah anda melaksanakan komunikasi dengan pelangan dan rekan secara
   terbuka,profesional,ramah dan sopan ?
   Bagaimana menyambut pelanggan dengan ramah dan sopan ?
   Bagaimana cara anda berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan ?         
2.Mampukah anda menggunakan bahasa dan nada yang cocok ?
   Bagaimana bahasa dan intonasi yang anda gunakan ?
3.Mampukah anda mempertimbangkan efek bahasa tubuh personal ?
   Bagaimana dengan bahasa tubuh dan efeknya ?
4.Mampukah anda memperlihatkan kepekaan terhadap perbedaan sosial dan budaya ?
   Bagaimana cara anda menunjukkan kepekaan anda dengan adanya perbedaan sosial dan budaya ?
5.Mampukah anda mendengar dan mengajukan pertanyaan secara aktif untuk memastikan  
    komunikasi dua arah yang efektif ?
    Bagaimana cara berkomunikasi anda lebih efektf ?
6.Mampukah anda mengidentifikasi konflik yang ada dan potensial serta mencari solusi dengan
    bantuan dari rekan bila dibutuhkan ?
    Bagaimana cara mengatasi konflik yang terjadi pada setiap komunikasi dan interaksi yang  
    dilakukan ?

B.MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN INTERNAL DAN  EXTERNAL.
1.Mampukah anda mengidentifikasi kebutuhan dan harapan tamu,termasuk kebutuhan tertentu
    secara    benar
    sesuai dengan produk dan layanan perusahaan ?
    Bagaimana cara memenuhi kebutuhan pelanggan ?
2.Mampukah anda bekomunikasi yang ramah dan sopan selama  melayani pelanggan ?
   Bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan ?
3.Mampukah anda memenuhi seluruh kebutuhan dan permintaan pelanggan sesuai dengan
   produk dan layanan ?
   Bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan ?
4.Mampukah anda mengidentifikasi kesempatan untuk meningkatkan kualitas layanan
    dan diambil jika memungkinkan ?
    Bagaimana cara mengetahui bila ada kesempatan untuk melayani pelanggan ?
5.Mampukah anda mengenali kekecewaan pelanggan dengan cepat dan mengambil tindakan untuk
   memecahkan masalahnya sesuai dengan tanggungjawab individu dan prosedur perusahaan ?
   Bila ada pelanggan yang kecewa apa yang harus anda lakukan ?
6.Mampukah anda menangani keluhan pelanggan secara positf,sensitif dan sopan ?
    Bagaimana cara menangani dengan baik dan benar,setiap ada keluhan tamu ?
7.Mampukah anda mengacukan keluhan pada orang yang tepat untuk ditindak lanjuti sesuai
   dengan tanggungjawab individu ?
   Kemana anda mengacukan keluhan pada orang yang tepat sesuai tanggungjawab individu ?

C.MENJAGA STANDAR PRESENTASI PERSONAL
1.Mampukah anda menjaga standar personil sesuai dengan standar perusahaan ditempat kerja ?
   Bagaimana cara menerapkan standar presentasi ? Dengan mempertimbangkan :
   lokasi,issue-issue K3 dan penampilan.
2.Mampukah anda mengidentifikasi mengenai kebersihan,kesehatan dan keselamatan kerja ?
    Sebutkan issue issue Kebersihan,Kesehatan dan keselamatan personil dengan standar tinggi
    yang anda ketahui ?

D.BEKERJA DALAM TIM
1.Mampukah anda memberikan dukungan dan saling menghormati sesama anggota dalam tim ?
    Bagaimana cara anda memperlihatkan kepercayaan dukungan dan hormat kepada angota tim
    dalam aktifitas sehari – hari ?
2.Mampukah anda mengidentifikasi perbedaan dalam satu tim ?
   Bagaimana cara anda mengakomodasi perbedaan sosial budaya dalam tim ?
3.Mampukah anda mengenali atau mengetahui tujuan tim ?
   Bagaimana anda mengenali tujuan kerja tim secara bersama ?
4.Mampukah anda mengidentifikasi tugas dan tanggungjawab masing-masing individu ?
   Bagaimana cara anda mengidentifikasi dan memperioritaskan tanggung jawab ?
    Mampukah anda menyelesaikan tugas tepat waktu ?
    Bagaimana cara anda menyelesaikan tugas tepat waktu ?
5.Mampukah anda memberi dan meminta bantuan pada anggota tim lain bila dibutuhkan ?
    Bagaimana cara anda memberi dan meminta bantuan pada anggota tim bila dibutuhkan ?
6.Mampukah anda menerima masukan dari aggota tim yang lain ?
    Bagaimana anda menerima umpan balik dan informasi dari anggota tim lain ?
7.Mampukah anda mengidentifikasi perubahan tugas dan tanggung jawab individu untuk
    dibecarakan  ?
    Bagaimana anda memperhatikan perubahan tugas dan tanggungjawab dari masing masing
    individu kemudian dibicarakan kembali ?

BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
KOMPETENSI UMUM
A.Membuat panggilan telepon
1.Mampukah anda memperoleh nomor telpon secara benar ?
   Sebutkan beberapa strategi anda untuk mendapatkan pesan secara tepat dari penelpon ?
2.Mampukah anda membuat tujuan pemanggilan secara jelas sebelum menelpon ?
    Bagaimana menjelaskan tujuan anda pada saat membuat pemanggilan telepon ?
3.Mampukah anda menggunakan peralatan telpon dengan benar untuk melakukan komunikasi ?
    Sebutkan peralatan dan perlengkapan apa saja dalam melakukan komunikasi ?
4.Mampukah anda mengkomunikasikan secara jelas nama perusahaan dan alasan menelpon ?
   Bagaimana anda mengkomunikasikan secara jelas nama perusahaan dan alasan menelpon ?
5.Mampukah anda menelpon dengan selalu bersikap sopan dan baik ?
   Menurut anda bagaimana sikap menelpon sopan dan baik ?

B.MENJAWAB PANGGILAN TELEPON
1.Mampukah anda mejawab telepon secara tepat,jelas dan sopan sesuai SOP ?
   Bagaimana cara anda berkomunikasi secar tepat,jelas dan sopan sesui SOP ?
2.Mampukah anda menawarkan bantuan bersahabat pada penelpon secara jelas ?
   Bagaimana anda menjawab telepon yang berdering tapi anda sedang melayani tamu ?
   Bagaimana cara anda memberikan bantuan pada penelepon ?
3.Mampukah anda mengulang keterangan secara rinci kepada penelepon ?
    Sebutkan cara terbaik untuk memeriksa detail reservasi lewat telpon ?
4.Mampukah anda menjawab pertanyaan penelepon atau mentransfer pada orang yang tepat ?
   Bagaimana jika ada penelpon yang akan mengadakan meeting diperusahaan anda ?
5.Mampukah anda mencatat permintaan secara akurat dan menyampaikan pada orang tepat ?
    Sebutkan contoh apa saja permintaan kusus dari tamu mengenai kamar ?
6.Mampukah anda mengambil kesempatan promosikan produk dan layanan kepada pelanggan ?
    Bagaimana anda menganmbil kesempatan promosikan produk dan layanan kepada pelanggan ?
7.Mampukah anda menyampaikan pesan secara akurat pada orang yang yang dimaksud ?
    apabila ada pelanggan menyampaikan pesan apa yang anda lakukan ?
8.Mampukah anda melaporkan panggilan telpon yang bersifat mengancam dan mencurigakan
    serta melaporkan pada orang yang tepat sesuai dengan prosedur perusahaan ?
    apa saja yang akan anda lakukan bila ada penelpon yang bersifat mengancan dan mencurigakan ?

MEMANTAU KEGIATAN KERJA
KOMPETENSI INTI                
A.MEMONITOR DAN MENINGKATKAN OPERASIONAL DITEMPAT KERJA
1.Mampukah memonitor tingkat efisiensi dan layanan berdasarkan kegiatan yang sedang berjalan ?
    Apa yang harus anda monitor ketika kegiatan sedang berjalan ?
2.Mampukah anda mengerti kegiatan ditempat kerja mendukung seluruh tujuan perusahaan
    Apa yang harus anda jaga agar tujuan perusahaan tercapai ?
3.Mampukah anda mengidentifikasi masalah kualitas dan hasilnya jika perlu segera membuat
    penyesuaian ?
    Apa yang harus anda identifikasi dan evaluasi ?
4.Mampukah anda mengganti prosedur dan sisitem berkonsultasi dengan rekan untuk meningkatkan
   efisiensi dan kefektifan ?
   Jika ada sistem dan prosedur perlu diperbaiki bagaimana caranya ?
5.Mampukah anda mengerti cara mengkonsultasikan pada rekan ?
    Bagaimana cara anda meningkatkan efisiensi dan tingkat layanan ?

B.MERENCANAKAN DAN MENGATUR ALUR KERJA
1.Mampukah anda menilai beban kerja rekan secara akurat ?
    Bagaiman sikap anda terhadap rekan anda yang sedang bekerja ?
2.Mampukah anda menjadwalkan pekerjaan dengan cara yang dapat
    meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan ?
    Bagaimana anda menjadwalkan pekerjaan anda ?
3.Mampukah anda mendelegasikan pekerjaan pada orang yang tepat
    sesuai dengan prinsip-prinsip pendelegasian ?
    Bagaimana anda mendelegasikan tugas ?
    Sebutkan prinsip pendelegasian tugas ?
4.Mampukah anda menilai alur kerja berdasarkan tujuan dan waktu yang disepakati ?
    Sebutkan nilai apa saja yang bisa anda jadikan dasar tujuan perusahaan ?
5.Mampukah anda membantu rekan anda ?
    Bagaimana anda memperioritaskan pekerjaan ?
6.Mampukah anda memberikan input yang tepat mengenai kebutuhan staf ?
    Apa yang bisa anda berikan untuk rekan kerja anda ?

C.MEMELIHARA CATATAN KERJA
1.Mampukah anda menyerahkan dan melengkapi catatan ditempat
    kerja secara akurat dalam jangka waktu yang sudah ditentukan ?
    Mengapa anda melengkapi catatan anda dalam jangka waktu yang telah ditentukan ?
2.Mampukah anda menyelesaikan catatan dan dilegasikan serta
   memonitor sebelum penyerahan ?
   Bagaimana anda menyelesaikan masalah pekerjaan anda ?

D.MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
1.Mampukah anda mengidentifikasi masalah ditempat kerja secara tepat dan
    mempertimbangkannya dari sudut pandang operasional dan layanan pelanggan ?
    Bagaimana anda mengidentifikasi masalah pekerjaan dan atas dasar apa anda
    mengidentifikasinya ?
2.Mampukah anda mengambil tindakan jangka pendek untuk memecahkan masalah jika perlu ?
   Tindakan apa saja yang bisa anda lakukan untuk memecahkan suatu masalah dan bagaimana
    Anda tahu bahwa masaalah tersebut sudah teratasi dengan baik ?

DAFTAR PERSONIL STAF
KOMPETENSI INTI   
A.MENGEMBANGKAN DAN MELAKSANAKAN DAFTAR STAF
1.Mampukah anda mengembangkan daftar staf sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan
   perusahaan ?
   Bagaimana cara anda mengembangkan daftar staf ?
2.Mampukah anda mempertimbangkan dan memaksimalkan efisiensi operasional dan layanan
   pelanggan dengan meminimalkan biaya ?
   Bagaimana cara anda meminimalkan biaya operasional ?
3.Mampukah nada merancang daftar staf untuk memenuhi persyaratan anggaran upah ?
    Apa saja yang anda butuhkan untuk membuat rancangan upah ?
4.Mampukah anda mengkombinasikan tugas untuk memastikan kegunaan efktif staf ?
    Sebutkan kombinasi atau sistem yang anda ketahui agar kinerja tim anda lebih efektif?
5.Mampukah anda mengembangkan daftar berdasarkan pada pertimbangan gabungan staf
   dan keterampilan yang paling efectif  ?
   Apa pertimbangan yang anda jadikan dasar untuk meningkatkan keterampilan kerja tim anda ?
6.Mampukah anda mengakiri dan mengkomunasikan daftar dengan rekan yang tepat dalam jangka
    waktu yang telah ditentukan ?
   Bagaimana cara anda berkomunikasi dengan rekan anda ?  

B.MENYIMPAN CATATAN STAF
1.Mampukah anda mengisi lembaran waktu secara akurat sesuai
    waktu yang telah ditentukan ?
    Mengapa lembaran waktu harus diisi secara akurat dan dalam yang telah ditentukan ?
   2.Mampukah anda menyesuikan dan menyimpan secara singkat
      sesuai standar perusahaan ?
      Bagaimana cara anda melakukan penyesuaian dan menyimpan catatan staf ?

MEMIMPIN DAN MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA 
KOMPETENSI INTI
A.MODEL KINERJA STANDAR TINGGI DAN SIKAP
1.Mampukah anda memberikan peran positif untuk orang lain ?
    Bagaimana cara anda memberikan peran positif pada rekan ?
2.Mampukah anda menunjukkan dukungan dan komitmen untuk meraih tujuan perusahaan ?
    Apa dukungan yang biasa anda berikan pada perusahaan ?
3.Mampukah anda untuk memperlakukan orang lain dengan sikap
    hormat,integritas dan simpati ?
    Bagaimana anda memperlakukan rekan yang lain ?

B.MENGEMBANGKAN KOMITMEN DAN KERJASAMA TIM
1.Mampukah anda merencanakan dan mengembangkan tujuan dengan cara berkomunikasi dan
   berkonsultasi dengan tim ?
   Bagaimana cara anda mendorong tim untuk kemajuan perusahaan ?
2.Mampukah anda tetap konsisten dalam rencana untuk tujuan perusahaan ?
   Mengapa anda harus membuat rencana untuk tujuan perusahaan ?
3.Mampukah anda bertanggungjawab dalam setiap pekerjaan anda ?
    Mengapa anda harus bertanggungjawab dalam setiap pekerjaan ?
4.Mampukah anda mengidentifikasi ,mendukung,menilai dan memberikan penghargaan pada
    setiap usaha dan distribusi individu atau tim ?
    Dari segi apa anda menilai rekan keja dan mengapa anda menilai dari segi tersebut ?
5.Mampukah anda bersifat terbuka dalam komunikasi yang anda lakukan ?   
    Mengapa kita harus terbuka dalam bekomunikasi yang kita lakukan dengan rekan lain ?
6.Mampukah anda membagi informasi dari lingkungan yang lebih luas dengan individu atau tim    ?
   Sebutkan lingkungan mana saja yang bisa memberikan informasi  yang anda butuhkan ?
7.Mampukah anda memberikan dukungan untuk kepentingan individu atau tim ?
   Dukungan apa yang anda berikan agar setiap tujuan tim dapat tercapai ?

C.MELAKSANAKAN SISTEM PENILAIAN KINERJA
1.Mampukah anda menilai keterampilan anggota tim dan memberikan kesempatan untuk
   pengembangan keterampilan undividu ?
   Dengan cara apa anda memberikan kesempatan pada rekan agar keterampilan mereka
   dapat berkembang ?
2.Mampukah anda memonitor kinerja tim untuk kemajuan dan pencapaian tujuan perusahaan ?
   Mengapa kita harus  memonitor kinerja rekan yang lain dan sebutkan cara yang anda ketahui
   dalam memonitornya ?
3.Mampukah anda mendelegasikan tugas dan tanggungjawab serta memonitor secara tepat ?
    Alasan apa saja yang dapat kita berikan agar kita dapat mendelegasikan tanggungjawab ?
4.Mampukah anda memberikan pelatihan dan dukungan pada individu atau tim ?
    Jenis pelatihan apa yang bisa anda berikan kepada tim anda ?
5.Mampukah anda mengetahui prestasi yang sudah dicapai oleh individu atau tim ?
   Jenis pengakuan apa yang diinginkan  oleh rekan anda atas setiap prestasi yang ia raih?

1 komentar:

  1. Bagus, insyaAlloh membantu dan bermafaat untuk yang sedang belajar, ijin copast terimkasih.

    BalasHapus